Rabu, 03 April 2024 14:42

Jadwal UTS Genap 2023/2024

Written by

Jadaw ujian tengah semeter genap tahun ajaran 2023/2024 dapat didownload di sini

Sehubungan dengan pendaftaran ulang mahasiswa Semester Ganjil 2023/2024 dengan ini disampaikan beberapa hal sebagai barikut:

  1. jadwal pembayaran UKT/SPP Semester Ganjil 2023/2024 pada tanggal 1 S/d 25 Agustus 2023. Pembayaran dapat dilakukan pada Bank Nagari, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BSI seluruh Indonesia baik secara manual ke teller maupun secara online/ internet banking;
  2. Pengurusan permohonan Berhenti Studi Sementara (BSS) Semester Ganjil 2023/ 2024 pada tanggal 7 s/d 18 Agustus 2023 melalui sipena;
  3. Mahasiswa yang sebelumnya BSS pada Semester Genap 2022/2023 dapat mendaftar ulang/ membayar UKT/SPP Semester Ganjil 2023/2024 sebagaimana jadwal tersebut;
  4. Mahasiswa yang lulus sampai dengan tanggal 9 September 2023 dibebaskan dari pembayaran UKT/SPP Semester Ganjil 2023/2024. Pembebasan UKT tersebut dilaksanakan dengan mekanisme pengembalian UKT/ SPP yang telah dibayarkan sebelumnya melalui Bidang Keuangan masing-masing Fakultas/Unit;
  5. Mahasiswa yang tidak mendaftar ulang 2 (dua) semester berturut-turut dinyatakan mengundurkan diri dan tidak dapat lagi melakukan pendaftaran ulang.

 

 

Dto,

 

Pimpinan.

 Program Studi S2 Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Andalas meyelenggarakan Seminar Series yang diadakan secara online pada Rabu, 15 Maret 2023. Seminar yang dibertajuk ”Monthly Business& Management Talks by Alumni” menghadirkan pembicara dari alumni, Bapak Yosdian Adi Pramodo, MM yang saat ini sebagai Vice President Accounting & Risk Management PT ID FOOD yang merupakan perusahaan holding pangan BUMN. Yosdian juga merupakan alumni dari Prodi MM FEB Unand.

Acara yang dibuka oleh MC dan sekalligus moderator Putri Mentari (mahasiswa MM) didahului oleh kata sambutan dan sekaligus pembukaan oleh Kaprodi MM Dr. Fajri Adrianto. Dalam kata sambutannya, Kaprodi menyampaikan bahwa acara tersebut menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap bulan dengan menghadirkan pembicara dari alumni. Topik utama dalam pembahasan dalam seminar ini adalah sharing dan diskusi tentang isu bisnis dan manajemen saat ini. Menurutnya, selain untuk memperkuat hubungan alumni dengan Prodi, seminar ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada alumni tentang manajemen dan bisnis terkini.

 

Yosdian memulai dengan sharing tentang tugas PT ID FOOD yang merupaka BUMN holding pangan yang menggabungkan beberapa BUMN yang bergerak dalam bidang pangan. Perusahaan memiliki tantangan untuk bisa menciptakn sinergi dalam holding yang terbentuk. Yosdian menyampaikan pentingnya melahirkan perencanaan dan strategi yang tepat untuk menyatukan perusahaan yang memiliki budaya organisasi yang beragam.

Yosdian menyampaikan, ilmu yang didapatkan selama di MM FEB Unand sangat bermanfaat baginya dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat. Dia juga menyampaikan pentingnya pengetahuan manajemen yang advance dalam proses operasional perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa MM FEB Unand dan alumni yang tergabung secara online. Peserta mendapatkan wawasan tentang bagaimana strategi restrukturisasi perusahaan dan tantangan yang mungkin akan dihadapi. 


Salah seorang mahasiswa S2 Manajemen (MM) FEB Unand, Nia Maimunah, terlibat dalam sebuah Project yang diketuai oleh Prof Dr Yudi Fernando, dosen Faculty of Industrial Management (FIM) Universiti Malaysia Pahang (UMP).

Project tersebut melahirkan platform digital yang berfungsi untuk mendeteksi penggunaan Carbon di perusahaan, yang diberikan nama 2ReLogCarbonChain. Platform ini bisa digunakan untuk mendeteksi dan mengontrol pemanfaatan carbon di perusahaan.

Selain itu, project tersebut juga melahirkan inovasi keuangan yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dan UMKM dalam membuat perencanaan keuangan. Aplikasi yang diberi nama FinXPlan bertujuan untuk memberikan kemudahan salam mengatur Cash Flow, pengaturan bill dan perencanaan keuangan lainnya.
Kedua produk inovasi tersebut ditampilkan dalam exhibition 13th Creation, Innovation, Technology & Research Exposition yang diadakan di Pahang, Malaysia.

Kerjasama FEB Unand dengan FIM UMP Pahang sudah berlangsung sejak tahun 2018 dalam bentuk beberapa program kegiatan. Program Credit Earning secara rutin telah dilaksanakan antara S2 MM FEB Unand dengan MBA Program di UMP. Selain itu juga sudah dilaksanakan simposium bersama dan kolaborasi riset.

Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil 2022/2023 Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas akan dumulai tanggal 19 Desember 2023 sesuai dengan kalender akademik. Jadwal UAS tersebut dapat di download di sini. Sebelum melaksanakan UAS Ganjil 2022/2023 Bapak/ Ibu diminta untuk mengisi Kuesioner Proses Belajar Mengajar di semester ganjil 2022/2023 yang terdapat di Ilearn masing-masing mata kuliah, isilah kuesioner tersebut untuk seluruh dosen pengampu pada mata kuliah tersebut, atas partisipasinya kami mengucapkan terima kasih. 

 

 

Kalender Akademik 2022 - 2023   Download PDF
Kalender Akademik 2021 - 2022   Download PDF

KALENDER AKADEMIK UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2021/2022 dapat didownload di sini

 

Industri keuangan Syariah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan, seiring dengan dinamika perubahan perilaku masyarakat dalam memanfaatkan produk keuangan. Beberapa perusahaan keuangan turut andil dalam persaingan yang ada dalam industri tersebut. PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk merupakan salah satu bank Syariah yang memberikan pelayanan produk simpanan, pinjaman dan produk keuangan lainnya kepada masyarakat yang peduli terhadap nilai Syariah (Sharia Compliance). Namun, tentu saja perusahaan menghadapi persaingan baik dengan perusahaan keuangan Syariah lainnya, maupun dengan dengan perusahaan keuangan konvensional. Apalagi dengan perkembangan digitalisasi yang telah merubah wajah seluruh industri, termasuk industry keuangan, atau yang dikenal dengan munculnya Industrial Revolution 4.0.


Program Studi Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi, Universitas Andalas bekerjasama dengan BRI Syariah mengadakan Webinar dengan narasuber Direktur Bisnis Ritel, Bapak Fidri Arnaldy, yang dilaksanakan hari Selasa, 1 Desember 2020. Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Bapak Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H dan Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Efa Yonedi, SE, MPPM, Ak. Pada sambutannya, Bapak Rektor dan Dekan menyampaikan dukungannya terhadap webinar yang menghadirkan praktisi bisnis bagi mahasiswa MM Unand, dan berharap akan terus berlanjut kedepannya.

Dalam presentasi yang dimoderatori oleh Bapak Dr. Mohammad Fany Alfarisi (Sekretaris MM FE Unand), Bapak Fidri memnyampaikan bahwa potensi pasar keuangan Syariah di Indonesia sangat besar, apalagi Indonesia adalah negara dengan jumlah peganut agama Islam terbesar di dunia, sekitar 229 Juta jiwa. Namun, nilai asset keuangan Syariah di Indonesia masih terbilang kecil, baru USD 28 Milyar, masih jauh di bawah Malaysia yang mencapai USD214 Milyar. Tapi, ada optimisme untuk posisi Indonesia kedepannya karena pertumbuhan industri keuangan Syariah tumbuh secara signifikan setiap tahunnya.

Dalam webinar tersebut, Bapak Fidri juga menyatakan bahwa Industri keuangan Syariah telah menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baru.

Sedangkan dalam menghadapi persaingan di era IR 4.0, Bank Syariah harus mengikuti perkembangan industry perbankan yang semakin memanfaatkan digitalisasi. Sekitar 64% dari penduduk di Indonesia sudah terkoneksi dengan internet dengan 59% dari penduduk sudah menggunakan sosial. Hal tersebut membuat Bank Syariah harus melakukan orientasi strategi dengan menawarkan produk atau jasa yang sudah berbasis internet atau mobile.

Untuk strategi pemasaran, Bank Syariah juga harus memanfaatkan media sosial untuk stratgei promosi dan consumer relationship. Jadi dalam IR 4.0, bank Syariah harus betul-betul mengoptimalkan digitalisasi, apalagi setor perbankan tidak saja bersaing dengan sesama bank yang ada di Industri, tapi juga bersaing dengan flatform keuangan digital Teknologi Keuangan (Financial Technology/ fintech).

Sebenarnya, Indonesia memiliki keunggulan dalam dalam dalam pasar keuangan Syariah. Pertama, Indonesia merupakan pasar terbesar makanan halal. Kedua, Indonesia menjadi negara masuk Top 10 dalam Islamic Finance, Halal Travel dan Modest Fashion. Ketiga, Indonesia adalah negara dengan Millennial Engagement terintinggi.

Jumat, 21 Februari 2020 18:11

Wisuda I 2020

Written by

Selamat wisudawan/ wati S2 Magister Manajemen FE-UNAND yang diwisuda pada Jum'at 21 Februari 2020.

Nama-nama wisudawan/ Wati MM-FEUA:

1

Rizky Adhitya NugrahaS.E

2

Retha Dwiyanti Putri Anhar, S.S

3

Radno Novriyanto, ST

4

Dewi Manik Imannury, SE

5

Dainuri, S.E

6

Mona, S.E

7

Mareza Harlan, SE, Ak, CA

8

Mochamad Rizky Ilmawan, S.Kom.

9

Ibnu Fadhli, S.E.

10

Arifa Sabardilla, S.E.

11

Yulvi Novitasari, S.E.

12

Dwi Fuji Wahyuni, S.Ak

13

Ondi, S.E.

14

Intan Aryati Nafri, S.E

15

Dilla Febria, S.E.

16

Hendrian Perdana, S.E.

17

Arief Rahman Dasril, S.T.

18

Eko Fikriando, S.E.

19

Andra Novendri, S.T.

20

Fadhilla Wahyuni, S.E.

21

Azzukhruf Ariliusra, S.Psi.I

22

Citra Neza, S.T.

23

Shelinda Rahman, S.E

24

Lisa Adriani, S.E.

25

Tiara Morina, S.E.

26

Reski Putri Amelia, S.E

27

Khalifahmi Amran, S.I.P.

28

Nadya Ade Wiranda, SE

29

Nora Damayanti, S.AB

30

M. Tasnim, S.E.

 

Halaman 1 dari 2
JADWAL UTS SEMESTER GENAP 2023/2024 Lihat di sini
Toggle Bar

Kritik/ Saran

Pengunjung

3226289
Today
Yesterday
This Week
This Month
All days
1338
1056
7270
32115
3226289

Your IP: 44.201.97.0
2024-04-19 19:35